DIAPIR ? ? ? ?



Berasal dari bahasa Yunani yaitu diapeirein yang berarti menerobos terus menerus.

Diapir adalah garam yang terpenertasi karena tekanan bouyancy dari garam yang terkompaksi di sekitar batuan sedimen.

Sumber : Wikipedia, the free encyclopedia

Diapir merupakan Kubah atau antiklin yang terbentuk karena bahan-bahan intinya yang bersifat plastis terangkat dan kadang-kadang sampai menembus lapisan-lapisan di atasnya.

Sumber : Perpustakaan PPPTMGB LEMIGAS

Diapir struktur hasil penetrasi material lapisan atas dengan mendorong ke atas dan menembus batuan lapisan atas. struktur hasil penetrasi material lapisan atas dengan mendorong ke atas dan menembus batuan lapisan atas. Diapir juga digunakan untuk struktur batuan beku, tetapi biasanya digunakan untuk non-batuan beku, salt domes, mud diapir, dan struktur lain dari jebakan minyak bumi dan gas alam.

Contoh diapir: lava lamp

Proses terjadinya diapir yaitu ketika bergerak lebih tinggi, segmen mendorong sifat aslinya seperti tekanan, dimana dapat menjadi sangat berbeda dari lapisan dangkal segmen yang mendapat dorongan dan sifat Floaters melebihi tekanan, beresiko tinggi ketika mencoba untuk melakukan pemboran pada struktur tersebut.

Batuan yang berpotensial membentuk diapir yaitu tipe batuan seperti deposit evaporitic salt, dan gas pengisi lumpur. Diapir membentuk dalam mantel bumi ketika massa cukup panas, magma kurang tebal berkumpul.

Diapir ini menimbulkan banyak jebakan reservoar, karena sifatnya yang masif tidak dapat mengalirkan fluida. Garam biasanya terendapkan pada basin yang terjadi di awal pembentukan sistem karang (rift), jadi pembentukan ini berasosiasi dengan seting tektonik ekstensi


Artikel Terkait



Share your views...

0 Respones to "DIAPIR ? ? ? ?"

Poskan Komentar

 

My site

Komen Terbaru

© 2010 Nationalinks All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info