Definisi Reklamasi





Reklamasi secara awam diartikan sebagai menciptakan daratan baru di lahan yang sebelumnya terdiri dari air. Reklamasi telah dilaksanakan oleh manusia sejak beberapa abad yang lalu.. Misalnya reklamasi Pulau Macau yang dilakukan sejak abad 17 telah berhasil merubah Macau dari sebuah pulau kecil hingga menjadi semenanjung dan dari luas pulau 15 square kilometer pada tahun 1972 menjadi 16.1 square kilometer pada tahun 1983 lalu menjadi 21.3 square kilometer pada tahun 1994 hingga akhirnya menjadi 23.6 square kilometer pada tahun 2000. Bahkan aktivitas reklamasi juga telah dilakuka dalam rangka membangun kota Washington DC, yang dibangun diatas rawa-rawa. Demikian pula Bendungan Aswan yang terkenal di dunia, dibangun melalui reklamasi yang dimulai pada tahun 1902.

Pengertian lain dari reklamasi yang dihubungkan dengan kegiatan pertambangan yaitu suatu usaha memperbaiki atau memulihkan kembali lahan dan vegetasi dalam kawasan hutan yang rusak sebagai akibat kegiatan usaha pertambangan dan energi agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan peruntukannya.

Istilah lain yang berkaitan dengan reklamasi yaitu rehabilitasi lahan dan revegetasi. Rehabilitasi lahan adalah usaha memperbaiki, memulihkan kembali dan meningkatkan kondisi lahan yang rusak (kritis), agar dapat berfungsi secara optimal, baik sebagai unsur produksi, media pengatur tata air maupun sebagai unsur perlindungan alam lingkungan. Revegetasi merupakan suatu usaha atau kegiatan penanaman kembali lahan bekas tambang.

Berdasarkan keputusan menteri kehutanan dan perkebunan tentang pedoman reklamasi bekas tambang dalam kawasan hutan pada BAB 2 PASAL 3 berisi tentang tujuan reklamasi yaitu untuk memulihkan kondisi kawasan hutan yang rusak sebagai akibat kegiatan usaha pertambangan dan energi sehingga kawasan hutan yang dimaksud dapat berfungsi kembali sesuai dengan peruntukannya.


Untuk lebih jelas mengenai reklamasi dan kewajiban Perusahaan pertambangan dan energi dalam reklamasi dapat mendownload filenya dengan link di bawah ini :

download150+air


Artikel Terkait



Share your views...

4 Respones to "Definisi Reklamasi "

Anonim mengatakan...

bagus


6 Maret 2011 17.28
Eka Sylva mengatakan...

BAGUS BRO..TAPI KLO UNTUK PEMULIHAN VEGETASI HUTAN,TANAMAN APA YG BAGUS DI GUNAKAN/DITANAM UNTUK BEKAS PENAMBANGAN!!!TERIMA KASIH BRO..


9 Juli 2011 07.45
Anonim mengatakan...

Terima kasih


3 November 2011 03.08
Anonim mengatakan...

yang bagus sengon.. kalau untuk akasia lebih baik unrecommended karena daunnya susah terurai meskipun tumbuhnya cepet. untuk penanggulangan erosi lebih baik ditanami tanaman cover crop


24 Maret 2014 01.49

Poskan Komentar

 

My site

Komen Terbaru

© 2010 Nationalinks All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info