Ebook about Linux



Untuk kita yang memiliki akses Internet sebetulnya sebagian besar ilmu & pengetahuan tentang jaringan Internet maupun tentang hal lainnya dapat diperoleh secara cuma-cuma. Dan kita harus bersyukur karena pada saat ini banyak rekan-rekan Open Source yang menyebarkan ilmu-nya secara gratis (cuma-cuma) di Internet. Format ebook yang sering digunakan umumnya PDF yang bisa dibaca menggunakan Acrobat Reader yang bisa di ambil gratis di Internet juga. Sebagian dari buku tersebut dapat diperoleh juga di toko buku karena sebagian besar penulis Open Source tersebut juga meminta kepada penerbit untuk menerbitkannya dalam bentuk buku cetak untuk menembus masyarakat yang tidak memiliki akses yang terlalu baik ke Internet.

Bagi rekan-rekan yang memiliki akses ke Internet akan membutuhkan waktu minimal sekitar 2-3 jam untuk mengambil berapa buku terpenting untuk mengerti tentang Linux ini. Ada beberapa tempat yang dapat saya usulkan untuk mengambil buku-buku tersebut. Tempat yang mungkin perlu di lihat paling awal adalah:

http://pandu.dhs.org

http://www.linux.or.id

Team PANDU yang di gawangi oleh I Made Wiryana harus di akui merupakan motor utama pergerakan Linux di Indonesia. Beberapa buku Linux termasuk tutorial Linux-nya yang sangat membantu dapat di ambil secara cuma-cuma tanpa melanggar HAKI. Buku-buku yang sifat tutorial sebagian merupakan bagian dari aktifitas Open Source Campus Agreement (OSCA) untuk membuka wawasan siswa / mahasiswa Indonesia akan Linux, seperti:

• Tutorial Pelatihan Administrasi Jaringan Linux oleh Andi, Afri & Wisesa.
• Tutorial Pelatihan Administrasi Sistem Linux oleh Andi, Afri & Wisesa.
• Tutorial Pelatihan Linux Dasar oleh Andi, Afri & Wisesa.
• SQL dengan Postgress oleh Owo Sugiana.
• GnuPlot untuk Orang Lugu oleh Abe Susanto & Wayan Wardana.
• Dan masih banyak lagi.

Bagi pembaca yang masih penasaran, saya sangat sarankan untuk memasuki situs Web dari berbagai aktifitas mendokumentasikan Linux, seperti

• Linus Documentation Project http://www.linuxdoc.org/guides.html
• Open Network Architecture http://www.openna.com
• The Open Source Writer Guild http://www.oswg.org:8080/oswg
• RedHat Linux Documentation http://www.redhat.com/linux_docs.html
.
SEMOGA BERMANFAAT............ keep smile :)


Artikel Terkait



Share your views...

1 Respones to "Ebook about Linux"

manusia online mengatakan...

terima kasih infonya Friend ...


4 Agustus 2009 pukul 18.05

Posting Komentar

 

My site

Komen Terbaru

© 2010 Nationalinks All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info