Pangeran Antasari



Gambar Pangeran Antasari

Wah , ketinggalan nih hari pahlawan. Sebenarnya kemaren mau membahas mengenai profil pahlawan asal Kalimantan Selatan yaitu Pangeran Antasari. Dari pada tidak sama sekali lebih baik sedikit terlambat. Yuk langsung bahas mengenai Pangeran Antasari !!!!

Pangeran Antasari lahir tahun 1797 di Kalimantan Selatan –wafat: Bayan Begak, Murung Raya, Kalimantan Tengah, 11 Oktober 1862)

Pangeran antasari merupakan seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau meninggal dunia akibat penyakit cacar di pedalaman sungai Barito, Kalimantan Tengah. Kerangkanya dipindahkan ke Banjarmasin dan dimakamkan kembali di Taman Makam Perang Banjar (Komplek Makam Pangeran Antasari), Banjarmasin Utara, Banjarmasin.

Komplek Makam Pangeran Antasari adalah sebuah kompleks pemakaman Pahlawan Nasional Pangeran Antasari dan kerabatnya, yang terletak di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Perjuangan beliau dilanjutkan oleh keturunannya Sultan Muhammad Seman dan cucunya Ratu Zaleha. Pada 14 Maret 1862 menyandang gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin dihadapan para kepala suku Dayak dan adipati (gubernur) penguasa wilayah Tanah Dusun Atas, Kapuas dan Kahayan yaitu Kiai Adipati Jaya Raja.

Semasa muda nama beliau adalah Gusti Inu Kartapati. Ayah Pangeran Antsari adalah Pangeran Masohut (Mas'ud) bin Pangeran Amir bin Sultan Muhammad Aminullah dan ibunya Gusti Hadijah binti Sultan Sulaiman. Pangeran Antasari mempunyai adik perempuan yang bernama Ratu Antasari yang menikah dengan Sultan Muda Abdurrahman tetapi meninggal lebih dulu sebelum memberi keturunan.

Ia pernah meledakkan kapal milik Belanda yang bernama Kapal Onrust dan juga dengan pemimpin-pemimpinnya yang bernama Letnan der Velde dan Letnan Bangert.
Nama Antasari diabadikan pada Korem 101/Antasari dan julukan untuk Kalimantan Selatan yaitu Bumi Antasari. (source: id.wikipedia.org)


PANTANG MENYERAH WAJA SAMPAI KAPUTING !!!!!!!!!!



Sekarang pasti seluruh bangsa Indonesia pernah melihat sosok pahlawan ini di salah satu uang kertas 2000 rupiah. Semoga dengan adanya gambar beliau di situ semoga orang dapat mengingat perjuangan beliau. AMin











Artikel Terkait



Share your views...

2 Respones to "Pangeran Antasari"

Muhammad Qori mengatakan...

sebagai orang Banjar saya patut berbangga...

tapi saya ragu, kalau unag yang ada digambar tersebut memang beliau,m,,,

tau dari mana orang bank dengan wajah beliau???

tanya kenapa?


13 November 2009 02.26
nationalinks mengatakan...

@qori
mungkin dari gamabar lukisan zaman dahulu kala kale
hehehehe


13 November 2009 04.25

Poskan Komentar

 

My site

Komen Terbaru

© 2010 Nationalinks All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info