Cara Bermain Saham di Bursa Efek Indonesia




Semangat Nulis !,

Ini tulisan pertamaku tentang saham walaupun baru seumur jagung kurang lebih satu tahun belajar mengenai saham. Saya akan share cara bermain saham mulai dari awal pendaftaran atau register sampai dengan proses  pembelian. Nanti artikelnya pun akan dibagi-bagi biar tidak membingungkan.

Agar kita bisa bermain saham secara mandiri maka saya lebih memilih menggunakan online trading dibandingkan dengan menggunakan broker karena dengan online trading kita bias melakukan eksekusi beli dan jual.



Berikut Keuntungan Online trading untuk Memeli saham
1. Bebas memilih saham

2. Fee lebih murah dibandingkan dengan broker

3. Dapat melakukan pembelian dan penjualan dimanapun dan kapanpun (asal masuk waktu saham sama ada jaringan inet bro !, hehehe)
4. Tanggung jawab jual beli secara penuh berada di tangan kita
5. Lebih transparan tanpa ada kemungkinan dicurangi broker ( Gak suudzon tapi hati-hati buat yang pakai broker)

 

Ada banyak online trading untuk bermain saham atau membeli saham di bursa efek. Untuk saya sendiri menggunakan IPOT (Indo premier). Bukan untuk promosi tapi saya akan menjelaskan step untuk mendaftar online trading di ipot tapi kebanyakan online trading yang lain juga hampir sama.

 

Tahap 1

Kita dapat mendownload form Opening Account pada website IPOT, klik disini (www.ipotindonesia.com)

Kemudian memilih untuk Cash Equity Trading Account Opening Form (Individual Client) untuk yang non syariah dan untuk yang syariah Sharia Cash Equity Trading Account Opening Form (Individual Client) (untuk lebih jelas perbedaannya akan dibahas dipost lainnya)

Dokumen pelengkap lainnya : copy KTP, copy NPWP (jika tidak ada tetap bisa Opening Account).

Tahap 2

Sesudah di isi ada beberapa cara untuk mengirim dokumen tersebut

a.       Fasilitas Pick Up : Jika rumah anda dekat dengan kantor ipot anda bisa menggunakan fasilitas pickup atau untuk pendaftarannya langsung diambil ke rumah anda  : http://www.ipotindonesia.com/ipot_new/pickup.php

b.      Langsung datang ke Galery IPOT Pusat dan Cabang²


c.       Kalau saya sendiri kirim pakai fasilitas tiki/post ke kantor terdekat ipot (pas udah dikirim ada dokumen yang kurang dibantu oleh tim ipot Balikpapan by email aja kemaren hehehe untuk copy ktp dan npwp)

 

Keuntungan untuk ipot yaitu Tidak ada minimum setoran awal dan Free biaya market info da nada fasilitas ipot syariahnya ^.^

Setelah itu tunggu feedback dari tim ipot (biasanya 1-2 minggu kayanya kemaren saya)
dan kalau sudah diproses tinggal download aplikasi ipot di webnya ipotindonesia.com, kita bias beli deh… !!! nanti diajarin caranya beli di aplikasi ipotnya :D


Artikel Terkait



Share your views...

0 Respones to "Cara Bermain Saham di Bursa Efek Indonesia"

Posting Komentar

 

My site

Komen Terbaru

© 2010 Nationalinks All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info