Pertambangan



Apa itu pertambangan ?

Pertambangan merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam usaha pencarian (prospeksi dan eksplorasi), studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, reklamasi.

sebagaimana yang di jelaskan di atas bahwa pertambangan itu terdiri atas beberapa tahapan, seperti yang telah saya jelaskan pada definisi usaha pertambangan, dalam melakukan usaha pertambangan harus mematuhi aturan yang berlaku sebagaimana UU minerba atau undang-undang pertambangan terbaru 2009. Selain itu dalam penambangan bahan galian di bagi dalam beberapa golongan bahan galian a,b dan c. Salah satu jenis bahan galian yang sering ditambang adalah batubara. Batubara sendiri terdiri dari beberapa jenis batubara.

Sejarah pertambangan di Indonesia dimulai dengan kegiatan pertambangan yang dilakukan secara tradisional oleh penduduk dengan seizin penguasa setempat. seperti, Raja, ataupun Sultan. Pada tahun 1602 Pemerintah Belanda membentuk VOC , mereka selain menjual rempah-rempah juga mulai melakukan perdagangan hasil pertambangan, pada tahun 1652 mulailah dilakukan penyelidikan berbagai aspek ilmu kealaman oleh para ilmuwan dari Eropa. bersambung ke postingan berikutnya ......




NB: mau nembak keyword pertambangan nih, mohon dukungannya !!!!


Artikel Terkait



Share your views...

1 Respones to "Pertambangan"

@ Coy mengatakan...

Bagus untuk refernsi hehe....


3 Agustus 2009 pukul 02.28

Posting Komentar

 

My site

Komen Terbaru

© 2010 Nationalinks All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info