Skor TOEFL dan Tips Trik TOEFL




Mungkin sedikit motivasi dibalik layar seseorang yang ditertawakan oleh teman - temannya ketika dia berbicara dalam bahasa alien (bukan bahasa PHP or C++ or bahasa programming) aka bahasa linggis aka bahasa inggris. Kalau kamu dihina atas ketidak bisa'an kamu buktikan kamu BISA !!! itulah suatu misi visi atau apalah namanya yang saya bangun bertahun-tahun, jika saya tidak bisa terhadap sesuatu, itu membuat saya terpacu untuk mempelajari sampai saya bisa bahkan bisa melampaui orang yang pernah menghina saya atas ketidak bisaan saya. Bukan untuk menyombongkan diri, tapi coba untuk membuktikan jika kita belajar serius pasti nanti kita bisa... 1-2-3-4-5 tahun pun sampe bisa POKOKnya hajar teruuuz gagal sekali-duakali-tigakali coba lagi....
NEVER say NEVER
Never GIVE UP

Back to High School
SMA merupakan tahun yang berat buat saya, dikelilingi orang-orang dari lulusan sekolah bertaraf tinggi dengan bahasa inggris yang sangat bagus membuat saya minder, bahkan b.inggris waktu SMA merupakan momok terberat buat saya... Saat waktu pelajaran b.inggris sudah merupakan hal yang membuat saya berdebar2. takut untuk berbicara dalam b.inggris dan hal-hal yg berkaitan dengan bahasa tersebut.. Sebangku dengan orang yang hebat dalam b.inggris membuat saya terpacu untuk belajar darinya,..... Tapi tidak semua orang seperti dia yang bisa sharing dengan saya apa itu bahasa yang menjadi momok ini bisa dipelajari... dari yang saya pelajari darinya ternyata dia cuman banyak membaca b.inggris bahkan grammar merupakan sesuatu yang sudah ada diluar kepalanya. bahkan dalam menjawab soal dia jika ditanya kenapa begini kenapa begitu .. katanya hanya kira-kira ... ternyata insting b.inggris itu bisa tercipta ketika kita banyak membaca dan memperhatikan bahasa inggris... format2 penulisan itu serasa udah diluar otak...
Dan itu sedikit terjadi pada saya ternyata selama hampir 5 tahun bergelut didunia IM yang kebanyakan berisi yang namanya bahasa linggis membuat saya bisa merasakan yang dirasakan teman saya dibangku SMA dulu... ternyata intuisi insting itu bisa memberikan jawabannya yang benar...

Skor TOEFL yang saya dapat Hanya 470an masih jauh dari nilai yang saya inginkan 550 point tapi cukup untuk mengalahkan orang yang pernah menghina saya..  LOL... 


Kita masuk Ke Topik utama yaitu mengenai interpretasi dari Skor toefl itu sendiri dikutip dari kompasiana.com

Skor TOEFL (Test of English as a Foreign Language) :

 
Skor TOEFL < 400 disebut Non User 
Dalam hal ini orang dengan nilai ini dianggap belum mampu menggunakan bahasa Inggris dalam segala konteks/situasi/topik.

Skor TOEFL 400 – 449 disebut Extremely Limited User
Dalam hal ini orang dengan nilai ini dianggap  hanya cukup untuk berkomunikasi yang sangat dasar sekali, itupun dengan bantuan lawan bicara.

Skor TOEFL 450 – 489 disebut Marginal User
Dalam hal ini orang dengan nilai ini dianggap pengguna bahasa yang pas-pasan yaitu hanya bisa menggunakan kalimat-kalimat pendek saja dan dalam bidang / konteks/situasi /topik yang sudah diketahuinya. 

Skor TOEFL 490 – 529 disebut Modest User
Dalam hal ini orang dengan nilai ini dianggap  pesan yang disampaikan cukup bisa dimengerti secara umum, secara khusus kurang jelas karena banyak kesalahan yang dibuat.

Skor TOEFL 530 – 559 disebut Competent User 
Dalam hal ini orang dengan nilai ini dianggap dapat menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tulisan dengan berani dalam berbagai konteks/situasi/topik, walaupun disana-sini terlihat banyak kesalahan. 

Skor TOEFL 560 – 609 disebut Good User
Dalam hal ini orang dengan nilai ini dianggap terampil berbahasa Inggris lisan dan tulisan secara effektif dalam hampir semua konteks/situasi/topik dengan sedikit kesalahan.

Skor TOEFL 610 – 644 disebut Perfect User  
 Dalam hal ini orang dengan nilai ini dianggap mampu menggunakan bahasa Inggris secara sempurna baik lisan dan tulisan secara effektif dalam konteks/situasi/topik apapun. 

Skor TOEFL 645 – 670 disebut Native Speaker like User  
Dalam hal ini orang dengan nilai ini dianggap dapat menggunakan Bahasa Inggris seperti penutur aslinya orang Inggris.

Jika dilihat dari interpretasi diatas ane masih pada level Marginal User hehehehe...
tapi ane tetap bangga bisa mendapatkan nilai segitu, walaupun tanpa persiapan sama sekali bahkan boleh dikatakan  test yang tidak diharapkan ,,,... Mungkin dengan mengambil sedikit kursus saya berharap bisa mendapatkan Skor TOEFL 550.... agar bisa kuliah lagi keluar negeri hehehehehe.....

Owh iya TOEFL sendiri sendiri terdapat 2 tipe yaitu

Skor TOEFL  Internet Based Test atau disingkat iBT

Skor IBT TOEFL ada pada skala 0-120 poin. kita akan mendapatkan skor TOEFL dari 0 sampai 30 pada masing-masing dari empat bagian tes TOEFL: Tes Mendengarkan, Tes Berbicara, Tes Membaca dan Tes Menulis. TOEFL skor total Anda adalah jumlah nilai dari empat bagian.

TOEFL Kertas berbasis Test Skor Atau Paper Based Test Biasa Disingkat PBT

Skor TOEFL PBT akhir dapat berkisar 310-677. Sama seperti pada iBT nilainya merupakan gabungan dari tiga bagian dari tes TOEFL: Tes Membaca (31-67), Tes Listening (31-68) dan Tes Struktur (31-68). Nilai dari bagian Menulis tidak termasuk dalam skor akhir. Hal ini dilaporkan secara terpisah (dari 0 sampai 6 poin) dan disebut sebagai Tes Twe Inggris Tertulis.
Skor TOEFL yang kita dapatkan pada tes Membaca Mendengarkan dan bagian Struktur PBT TOEFL tidak hanya persentase jawaban yang benar. Karena diperhitungkan bahwa beberapa pertanyaan ujian yang lebih sulit dijawab dibanding yang lain, nilai yang dikonversi adalah evaluasi yang lebih akurat tentang kemampuan bahasa Inggris Anda.

Dari 2 tipe yang saya ikuti merupakan yang paper-based test (PBT) atau tes tertulis atau pakai kertas... hihihihi...
tapi tidak ada sesi menulisnya kalau disuruh nulis bisa-bisa nilainya pasti rendah... hikzhikzhiz
Mengenai tips trik ada beberapa hal yang saya ingin anda lakukan untuk meningkatkan skill dan mendapatkan nilai yang bagus :
1. Dari pada banyak membaca dan hanya menggunakan insting lebih baik anda mengetahui format grammar itu secara pasti dengan mengikuti Toefl Preparation.... disana susunan kalimat, grammar, Functional Expression pasti akan diajarkan....
2. Baanyakin nonton film bahasa linggis tapi sebaiknya yang US Movie jangan british dan jangan liat teksnya pastinya coba latih pendengaran anda untuk Listeningnya... So pasti jangan film drama korea wkwk
:D 
3. Klo  Listening udah lewat nomornya dan ga bisa jawab jgn dipikirin lagi entar malah ketinggalan nomor-nomor berikutnya hedeh,,, sial deh lo klo ampe kejadian kayak gini... apa lagi narattornya logatnya wah asli susah ditangkap pembicaraannya walaupun anda sudah sering melakukan yang nomor 2 Hufh....
4.Listening lagi neh triknya hohohoh,, klo ada waktu baca jawabannya duluan entar tau deh itu entar akan menceritakan tentang apa ..... misal tempat, waktu, penyebab, siapa,,,...dll, intinya coba tangkap inti pembicaraan..... walaupun ada sebagian kata yang tidak tertangkap telinga kita. coba dirangkai sendiri aja....
5.Tips yang terakhir berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa .... kan udah iktiarnya saatnya berdoa dan tidur...

Silahkan ditambahkan jika ada yang kurang ya !!!


Referensi :
Kompasiana.com
masterstudies.co.id




Artikel Terkait



Share your views...

5 Respones to "Skor TOEFL dan Tips Trik TOEFL"

Anonim mengatakan...

Sebaiknya untuk penjelasan skor TOEFL, jangan berdasarkan skor yang paper based (310-667) karena TOEFL jenis ini telah dihapuskan di seluruh dunia oleh ETS (pencipta TOEFL), bisa dilihat di http://www.ets.org/toefl/important_update/pbt_ending

Kini yang ada dan diakui di seluruh dunia hanya TOEFL iBT. :)


3 Juli 2012 19.35
diqky_genx mengatakan...

iYo gan udah dihapus sejak may kemaren tp di Indonesia beberapa fakultas masih make PBT gan...
cuman buat tambahan informasi :D

raul jasson mengatakan...

mau nilai toefl 500 sampai 600??
kunjungi situs ini 99% sukses

goo.gl/bKasc


20 Juni 2013 01.43
Anonim mengatakan...

Jd hasil tes ane di LIA g fungsi dong gan. Kan PBT..


24 Juni 2013 00.46
jasa seo jakarta mengatakan...

sekarang sudah berganti PNF


17 April 2014 04.59

Poskan Komentar

 

My site

Komen Terbaru

© 2010 Nationalinks All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info