Analisis Regresi dan Sejarahnya




- Apa sih Analisis regresi itu ?(Pengertian Analisis Regresi) 

Analisis regresi merupakan salah satu analisis paling banyak diigunakan dalam berbagai bidang. Dalam statistika Analisis regresi adalah salah satu metode untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara satu variabel dengan variabel yang lain. Secara umum variabel dalam analisis regresi terbagi menjadi : 

Variabel "penyebab" memiliki banyak sebutan lainnya yaitu variabel penjelas, variabel independen, variabel eksplanatorik, atau secara bebas, variabel X (karena seringkali digambarkan dalam grafik sebagai absis, atau sumbu X). 

Variabel terkena akibat dikenal sebagai variabel yang dipengaruhi, variabel terikat, variabel dependen, atau variabel Y. Kedua variabel ini dapat merupakan variabel acak (random), namun variabel yang dipengaruhi harus selalu variabel acak.


Sejarah analisis Regresi 

Regresi berasal dari kata “regress” artinya bergerak menuju sifat-sifat populasi (induknya). Kata regressi berasal dari studi empirik yang mana ditemukan bahwa tinggi badan rata anak yang dilahirkan ternyata cenderung “regress” atau mengikuti tinggi badan orang tuanya. Tinggi badan anak yang mengikuti disebut variabel dependen = variabel yang diteliti = variabel yang dijelaskan = “regressand”. Tinggi badan orang tua disebut “regressor” = variabel yang menjelaskan variabel independen. (Setiaji, 2005)


Artikel Terkait



Share your views...

2 Respones to "Analisis Regresi dan Sejarahnya "

suci dini mengatakan...

ada yg lebih lengkap gak mas?


19 September 2012 07.03
m-fahrin mengatakan...

mantap gan, thank infonya telah berbagi share


27 November 2012 06.15

Poskan Komentar

 

My site

Komen Terbaru

© 2010 Nationalinks All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info