Siklus PDCA pada ISO 9001
Dalam kehidupan manusia hanya bisa berencana tetapi hasil akhir tuhan lah yang menentukan. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang baik tentunya harus didasari oleh rencana yang baik pula. Kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai sebuah metode yang saya pelajari di perusahaan tempat saya belajar sekaligus bekerja. Metode itu adalah PDCA yang dipopulerkan oleh W. Edwards Deming. Beliau merupakan bapak pengendalian kualitas modern, sehingga Siklus PDCA sering juga disebut
dengan Siklus Deming.
Jika dilihat dari sudut pandang sistem manajemen mutu/ quality control , Siklus PDCA merupakan sebuah siklus yang sangat dinamis. Metode ini dapat digunakan dalam setiap proses organisasi. Metode ini berkaitan erat dengan setiap langkah dalam melakukan suatu project atau pekerjaan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengendalian dan perbaikan berkesinambungan.
PDCA sendiri merupakan sebuah singkatan dari kata Plan, Do, Check, Action (tentunya bukan merupakan sebuah plesetan dari kata Plan, Discuss, Cancel, Again)
PLAN (P)
Dalam tahapan ini kita menetapkan tujuan dan proses yang diperlukan untuk memberikan hasil sesuai yang diinginkan
DO (D)
Menerapkan proses yang telah direncanakan pada tahap 1;
CHECK (C)
Monitor dan mengukur proses terhadap kebijakan, sasaran dan persyaratan dan melaporkan hasil;
ACT (A)
Mengambil tindakan perbaikan atau corrective action untuk terus meningkatkan kinerja proses.
Dalam tahapan ini kita menetapkan tujuan dan proses yang diperlukan untuk memberikan hasil sesuai yang diinginkan
DO (D)
Menerapkan proses yang telah direncanakan pada tahap 1;
CHECK (C)
Monitor dan mengukur proses terhadap kebijakan, sasaran dan persyaratan dan melaporkan hasil;
ACT (A)
Mengambil tindakan perbaikan atau corrective action untuk terus meningkatkan kinerja proses.
Mungkin itu sedikit pengenalan mengenai Siklus PDCA. Sekarang saya akan membahas mengenai PDCA dengan kaitannya mengenai ISO 9001
Standar Internasional ISO 9001 menetapkan
persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu. Hal ini dilakukan untuk
memenuhi persyaratan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.
Tujuan dari sistem ini sendiri untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, memungkinkan
perbaikan yang berkelanjutan. ISO 9001:2008 (QMS) adalah standar
generik dan dapat diterapkan diseluruh organisasi.
Organisasi mana yang bisa masuk ke dalam Sertifikasi ISO 9001
- Bersedia membangun/ mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu
- Mencari pengakuan Internasional
- Mencari peningkatan efektivitas kinerja dari Sistem manajemen mutu dalam organisasi.
- Peningkatan kepuasan pelanggan.
Jadi jika organisasi anda memenuhi persyaratan diatas maka kemungkinan untuk mendapatkan Sertifikasi ISO 9001 akan semakin besar
Reference
http://konsultan9001.blogspot.com
http://www.osscertification.co.id/
Artikel Terkait
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Share your views...
0 Respones to "Siklus PDCA pada ISO 9001"
Posting Komentar